Sejarah Prodi S1 Sistem Informasi:

Pada tahun 2008, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) diubah namanya menjadi Fakultas Sains dan Teknologi (FST), berdasarkan SK Rektor Universitas Airlangga No. 3294/J03/OT/2008. Harapan dari perubahan nama fakultas ini dapat mengiringi dan mendukung visi universitas untuk dapat lebih bersaing di dunia internasional terutama dalam pengembangan sains dan teknologi. Pada tahun yang sama Universitas Airlangga membuka lima program studi baru di lingkungan FST, yaitu tiga program studi S1 (Sistem Informasi, Teknobiomedik, Ilmu dan Teknologi Lingkungan), dan dua program studi S2 (Biologi, Kimia).

Program Studi S1 Sistem Informasi didirikan berdasarkan SK Rektor Universitas Airlangga Nomor 4311/JO3/OT/2008 pada tanggal 10 Maret 2008. Tujuan dari pendirian prodi ini dikhususkan untuk menghasilkan lulusan yang profesional di bidang sistem informasi. Program Studi S1 Sistem Informasi mulai menerima mahasiswa sejak didirikan. Pada tahun pertama penerimaan mahasiswa baru hanya menerima dari jalur Mandiri dengan kuota 60 orang.

Lulusan merupakan salah satu luaran terpenting bagi suatu program studi. Kualitas lulusan umumnya diukur atas dasar kepuasan para pengguna lulusan, yang dalam hal ini bertindak sebagai stakeholder bagi institusi penyelenggara proses pendidikan. Stakeholder lulusan antara lain, pemerintah –baik pusat maupun daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan perusahaan swasta. Relevansi antara kompetensi dan keterampilan softskill lulusan dengan kebutuhan/tuntutan dunia kerja dapat dianalisis berdasarkan kurikulum yang sedang berlaku di program studi tersebut. Berdasar hasil tracing studies yang dilakukan oleh program studi S1 Sistem Informasi, setidaknya ada 4 poin, (1) stakeholder tidak terlalu memperdulikan lulusan dari ilmu komputer atau sistem informasi (maupun program studi lainnya yang sejenis), (2) stakeholder sudah aware tentang optimasi proses bisnis dengan TI, namun belum banyak stakeholder yang mengimplementasikannya, (3) kemampuan lulusan yang diinginkan stakeholder, di antaranya adalah kemampuan teknis (hardskills) programming, jaringan, dan database, serta softskill seperti komunikasi, dan kerjasama, (4) Alumni menginginkan adanya pembaharuan materi, misalnya tata kelola dan layanan TI, manajemen proyek TI, kewirausahaan di bidang IT, dan teknologi terbaru.

IDENTITAS PROGRAM STUDI
Nama Program Studi : S1 Sistem Informasi
Departemen : Matematika
Fakultas : Sains dan Teknologi
SK Pembentukan Program Studi : Nomor 4311/JO3/OT/2008
Akreditasi Program Studi
Nomor SK Akreditasi : 3940/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017
Nilai Akreditasi : A
Masa berlaku akreditasi : 2017 s.d. 2022-10-24
Alamat  Program Studi : Kampus C Universitas Airlangga
Jl. Mulyorejo Surabaya 60115
No Telp : 031-5936501
No Fax  : 031-5936502
Homepage :  http://si.fst.unair.ac.id/
e-mail   : sisteminformasi_s1si@unair.ac.id

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty