Di dunia bisnis yang selalu berkembang, peran Sistem Informasi telah menjadi semakin penting. Seiring dengan kemajuan teknologi dan organisasi yang semakin mengandalkan pengambilan keputusan berbasis data, para profesional dengan keahlian dalam Sistem Informasi sangat diminati. Dalam artikel ini, akan menjelajahi universitas-universitas yang ada jurusan Sistem Informasi.

universitas yang ada jurusan sistem informasi

Sumber Gambar: Unsplash

15 Universitas yang Ada Jurusan Sistem Informasi

  1. Universitas Airlangga (UNAIR) – Universitas Airlangga adalah salah satu universitas di Surabaya yang memiliki jurusan Sistem Informasi. Jurusan Sistem Informasi UNAIR telah mendapatkan akreditas Unggul dari LAM INFOKOM. Sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

  2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) – ITS adalah PTN yang berada di Surabaya yang mempunya banyak jurusan teknik dengan kualitas bagus. Salah satu jurusan teknik yang terdapat di ITS adalah jurusan Sistem Informasi. Jurusan Sistem Informasi ITS sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Sehingga, ITS bisa kamu pertimbangkan jika ingin terjun dalam Sistem Informasi.

  3. Universitas Indonesia (UI) – Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas di Indonesia yang dikenal memiliki kualitas yang baik. Uiniversitas Indonesia juga menyediakan jurusan Sistem Informasi. Terdapat tiga jenis program untuk jurusan Sistem Informasi ini, yaitu S1 Reguler, S1 Paralel, dan S1 Ekstensi. Tidak hanya itu, untuk kelas paralel tidak diberikan batas lulusan SMA/sederajat.

  4. Universitas Brawijaya (UB) – Universitas yang ada jurusan Sistem Informasi selanjutnya yaitu Universitas Brawaijaya. Universitas ini terletak di kota Malang. Fokus prodi ini yaitu pada peningkatan kemampuan manajerial teknologi informasi serta komunikasi sumber daya manusia.

  5. Universitas Gadjah Mada (UGM) – Univeristas Gadjah Mada juga salah satu universitas yang menyediakan jurusan Sistem Informasi. Namun nama lengkap jurusan ini adalah Komputer dan Sistem Informasi.

  6. Universitas Negeri Semarang (UNNES) – Program Sarjana (S1) Sistem Informasi di Universitas Negeri Semarang berada di bawah pengelolaan Jurusan Ilmu Komputer. Program ini memberikan peluang kepada mahasiswa untuk memperoleh pendidikan dan keterampilan dalam bidang Sistem Informasi di tingkat sarjana (S1).

  7. Universitas Negeri Surabaya (UNESA) – Program Studi S1 Sistem Informasi UNESA merupakan Program Studi yang berda di bawah naungan Jurusan Teknik Informatika yang menjadi bagian dari Fakultas Teknik Unesa. Berdiri sejak tahun 2015 saat ini menmpati gedung B1 & B2 yang menjadi tempat prose belajr mengjara dan penelitian.

  8. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta – Jika ingin mencari universitas dengan jurusan Sistem Informasi di Jakarta, maka UIN Syarif Hidayatullah adalah solusinya. Jurusan Sistem Informasi di kampus ini sudah terakreditasi A.

  9. Universitas Bina Nusantara (BINUS) – Univeritas Bina Nusantara adalah salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di jurusan Sistem Informasi dengan memberikan pendidikan yang berfokus pada bidang bisnis berbasis IT.

  10. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga – Universitas Kristen Satya Wacana merupakan perguruan tinggi yang terletak di kota Salatiga, Jawa Tengah. Universitas Kristen Satya Wacana juga menyediakan jurusan yang paling banyak dicari, yaitu jurusan Sistem Informasi. Jurusan Sistem Informasi ini sudah terakreditasi A dari BAN-PT.

  11. Telkom University Bandung – Telkom University Bandung ini juga menyediakan jurusan Sistem Informasi. Program Studi S1 Sistem Informasi Telkom University adalah Program Studi Sistem Informasi pertama di Indonesia yang terakreditasi Unggul.

  12. Universitas Mercu Buana – Jurusan yang sangat diminati ini juga terdapat di Universitas Mercu Buana. Jurusan ini berada di Fakultas Ilmu Komputer, jurusan ini menitikberatkan pada penerapan ilmu komputer dalam konteks industri. Sehingga lulusannya akan memiliki keterampilan untuk mengelola manajemen dengan baik, baik dalam sektor manufaktur maupun penerapan manajemen energi.

  13. UPN Veteran Jakarta – Jurusan Sistem Informasi di UPN Veteran Jakarta ini memiliki akreditasi B dari BAN-PT. Sama seperti yang lain, jurusan Sistem Informasi di kampus ini juga menfokuskan studinya dalam pengaplikasian manajemen data dan sistem analis.

  14. Universitas Esa Unggul (UEU) – Universitas lain yang juga menyediakan jurusan Sistem Informasi adalah Universitas Esa Unggul. Jurusan S1 Sistem Informasi adalah salah satu Program Studi yang ada di Kelas Karyawan yang sudah terakreditasi B dari BAN-PT.

  15. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) – Jurusan Sistem Informasi yang ada di Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini sudah terakreditasi Baik Sekali dari BAN-PT. Program Sistem Informasi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta bertujuan melatih para profesional dalam memberikan solusi TI yang efektif dan mengoptimalkan nilai investasi TI untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

Referensi:

Fadhol SEVIMA. (2021). SEVIMA. 10 Universitas dengan Jurusan Sistem Informasi Terbaik. Available at: https://sevima.com/10-kampus-dengan-jurusan-sistem-informasi-terbaik/. Diakses pada 5 Maret 2024.

M Purwadi. (2023). SINDOnews.com. 7 PTN dengan Jurusan Sistem Informasi Terbaik, Terakreditasi A. Available at: https://edukasi.sindonews.com/read/1003657/211/7-ptn-dengan-jurusan-sistem-informasi-terbaik-terakreditasi-a-1674486099?showpage=all. Diakses pada 5 Maret 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *