Diselenggarakan Secara Hybrid, ICoMCoS 2022 Hadirkan Peserta dan Pembicara dari 11 Negara

Departemen Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga sukses menyelenggarakan International Conference on Mathematics, Computational Sciences and Statistics (ICoMCoS) 2022 pada tanggal 2 dan 3 Oktober secara hybrid. Kegiatan dua tahunan yang diketuai oleh Dr. M. Fariz Fadillah Mardianto, S.Si., M.Si. ini terbagi menjadi dua jenis, yakni International Workshop dan Conference. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara program studi di bawah naungan Departemen Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga, yaitu Program Studi Matematika, Sistem Informasi, dan Statistika dengan mengusung tema “The Role of Mathematics, Computational Sciences and Statistics to Achieve Sustainable Development Goals”. Sesuai dengan namanya, ICoMCoS 2022 mencakup tiga bidang utama, yaitu Matematika, Sistem Informasi, dan Statistika. Oleh karena itu, ICoMCoS 2022 menghadirkan pembicara yang ahli dan kompeten di tiga bidang tersebut dari berbagai negara. Total ada 11 negara yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, baik yang berasal dari peserta maupun pembicara, diantaranya: Indonesia, Malaysia, Morokko, Saudi Arabia, Brazil, UK, Italia, Taiwan, China, Spanyol, dan Bulgaria.

Suasana Pelatihan Canva di YPAS

Hari pertama ICoMCoS diisi dengan kegiatan workshop yang dilaksanakan secara online. Adapun kegiatan workshop untuk bidang Matematika diisi oleh Prof. Kamal Z. Zamli dari Universiti Malaysia Pahang dengan topik “Hybrid Metaheuristics and Its Applications using Netbeans to Support Sustainable Development Goals”, Bidnag Sistem Informasi diisi oleh Assoc. Prof. Dr. Waidah Ismail dari Universiti Sains Islam Malaysia dengan topik “Introduction to Machine Learning to Support Sustainable Development Goals using WEKA”, serta bidang Statistika yang diisi oleh Prof. Marc G. Genton, Prof. Havard Rue, dan Dr. Sameh Abdulah dari King Abdullah University of Science and Technology, Saudi Arabia dengan topik “Spatial Modelling Development and Its Implementation to to Support Sustainable Development Goals using R”.

Hari berikutnya diisi dengan kegiatan conference yang dilaksanakan secara hybrid di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga. ICoMCoS 2022 dibuka oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga, Prof. Dr. Moh. Yasin, M.Si. Kegiatan international conference menghadirkan keynote speakers yang juga ahli dan kompeten di bidangnya dari berbagai negara, yaitu Prof. Paulo Canas Rodriguez, Ph.D dari Department of Statistics of the Federal University of Bahia, Brazil, Associate Prof. Dr. Kang-Ming-Chang dari Asia University, Taiwan, dan Assoc. Prof. Mario Rosario Guarracino, Ph.D dari University of Cassino, Napoli, Italia. Tidak hanya itu, pada kegiatan conference juga diisi oleh invited speakers yang terbagi menjadi dua sesi, di mana masing-masing sesi terdiri dari tiga kelas yang berbeda. Kelas dengan bidang Matematika diisi oleh Dr. Eridani dari Universitas Airlangga dan Dr. Demi Allen dari University of Exeter, United Kingdom. Sementara itu, kelas dengan bidang Sistem Informasidiisi oleh Ira Puspitasari, Ph.D. dari Universitas Airlangga dan Dr. Lilysuriazna Raya dari Management and Science University, Malaysia, serta kelas dengan bidang Statistik diisi oleh Dr. Nur Chamidah dari Universitas Airlangga dan Associate. Prof. Dr. Haralampos Hatzikirou dari Department of Mathematics Khalifa University, Uni Emirat Arab (UEA).

Kegiatan ICoMCoS 2022 mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari para peserta. Hal tersebut ditunjukkan dari banyaknya peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini. Terhitung rata-rata lebih dari 50 peserta mengikuti workshop di setiap bidang dan lebih dari 100 peserta mengikuti conference dengan total paper yang dipresentasikan sebanyak 57. Paper tersebut mencakup 8 bidang, yaitu: Analysis and Geometry, Algebra and Combinatorics, Applied Mathematics, Statistics, Data Science, Computational Sciences, Informatics, dan Actuarial Sciences. Dari total paper yang terkumpul, sebanyak 4 paper dipresentasikan dalam bentuk poster dan sisanya secara oral. Seluruh paper yang di-accept akan diterbitkan dalam AIP Conference Proceeding terindeks Scopus. Di akhir acara, kegiatan ICoMCoS 2022 ditutup dengan closing remarks dari Wadek 3 Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga, Prof. Dr. Fatmawati, M.Si. dan pengumuman Best Paper, Best Presenter, dan Best Poster.