Jurusan Sistem Informasi UB terletak pada Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) dan berada di bawah naungan Departemen Sistem Informasi bersama dengan Jurusan Teknologi Informasi dan Pendidikan Telnologi Informasi.Jurusan Sistem Informasi UB berfokus pada peningkatan kemampuan manajerial teknologi informasi dan komunikasi serta sumber daya manusia dimana diharapkan akan menciptakan sebuah sistem yang mampu mengakomodir akan kebutuhan informasi yang berkembang pesat.

jurusan sistem informasi ub

Sumber Gambar: Gramedia Blog

Jurusan Sistem Informasi UB memiliki visi yaitu, pada tahun 2024, menjadi Program Studi yang unggul dengan reputasi internasional dalam bidang pengembangan dan pengelolaan Sistem Informasi yang mengintegrasikan solusi teknologi dan organisasi, serta berperan aktif mendukung pembangunan bangsa melalui integrasi Tri Darma Perguruan Tinggi. Jurusan Sistem Informasi UB juga mengedepankan pada riset sistem dan organisasi komputer, bidang sistem informasi lebih banyak berkecimpung dalam manajemen organisasi dari piranti lunak dan keras. Pada bidang sistem informasi, akan banyak koordinasi dengan bidang-bidang yang beririsan seperti System Engineering dan informatika terkait pembangunan mengenai teknologi aplikasi dan metodologi piranti lunak. Ketiga bidang tersebut mempunyai keterikatan yang kuat

Manfaat Studi di Jurusan Sistem Informasi UB

Studi di jurusan Sistem Informasi UB tidak hanya memberikan pemahaman mendalam tentang teori-teori dasar dalam bidang teknologi informasi, tetapi juga menekankan pada penerapan praktis dalam industri. Mahasiswa akan belajar tentang pengembangan perangkat lunak, analisis sistem, manajemen database, keamanan informasi, dan berbagai konsep terkait lainnya yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

Peluang Karier Jurusan Sistem Informasi UB Setelah Lulus

Lulusan jurusan Sistem Informasi UB memiliki peluang karier yang sangat luas. Mereka dapat bekerja di berbagai sektor, mulai dari perusahaan teknologi informasi, perbankan, kesehatan, hingga industri manufaktur. Pilihan karier yang tersedia termasuk menjadi analis sistem, pengembang perangkat lunak, administrator database, ahli keamanan informasi, dan banyak lagi. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari program studi ini, lulusan memiliki daya saing yang tinggi di pasar kerja yang kompetitif.

Referensi:

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya. (2021). Available at: https://filkom.ub.ac.id/s1-si/. Diakses pada 12 Maret 2024.

Gramedia Blog. Universitas Brawijaya (UB) – Jurusan, Akreditasi, Fakultas. Available at: https://www.gramedia.com/pendidikan/universitas/universitas-brawijaya-ub/. Diakses pada 14 Maret 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *