Sistem Informasi Universitas Airlangga (UNAIR) merupakan salah satu program studi yang tersedia di universitas tersebut. Program Studi Sistem Informasi UNAIR terdiri dari dua program, yaitu Strata 1 (S1) dan Diploma 3. Program Sarjana Sistem Informasi berlokasi di Kampus C Universitas Airlangga, di bawah Fakultas Sains dan Teknologi serta Departemen Matematika. Sementara itu, Program Diploma 3 Sistem Informasi dikelola oleh Fakultas Vokasi Universitas Airlangga yang terletak di Kampus B. Program Studi Diploma 3 Sistem Informasi kini mengalami pengembangan menjadi Diploma 4 Teknik Informatika.

sistem informasi unair

Sumber Gambar: Unair.ac.id

Program Studi S1 Sistem Informasi UNAIR

S1 Sistem Informasi UNAIR telah memperoleh akreditasi Unggul oleh LAM-INFOKOM pada tanggal 8 Desember 2022. Lulusan Program Studi S1 Sistem Informasi nantinya akan memperoleh gelar S.Kom (Sarjana Komputer).  S1 Sistem Informasi UNAIR memiliki visi yaitu menjadi program studi unggul dan terkemuka dalam bidang Sistem Informasi di tingkat nasional dan internasional, serta berperan serta dalam pengembangan masyarakat ilmiah, yang beradab, dan bermoral agama. Kurikulum belajar mengajar di Sarjana Sistem Informasi Universitas Airlangga dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa yang terampil dan profesional di bidang Information Systems Engineering dan Business Intelligence.

Program Studi D4 Teknik Informatika UNAIR

Sedangkan Program Studi Dipoma 4 Teknik Informastika UNAIR telah terakreditasi B. Lulusan Program Studi Dipoma 4 Teknik Informasika nantinya akan memperoleh gelar S.ST (Sarjana Sains Terapan). Dengan visi yaitu Menjadi program studi vokasional yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional di bidang teknologi informasi dilengkap kemampuan kecerdasan buatan, berlandaskan moral agama. Mahasiswa tidak hanya dibekali dengan keahlian mengembangkan aplikasi dalam betuk Dekstop, Website atau Mobile tapi juga dibekali keahlian pada bidang kecerdasan buatan dan Big Data.

Kedua program studi ini memiliki durasi perkuliahan yang sama, yaitu 4 tahun, dengan minimal jumlah SKS yang harus diselesaikan sebanyak 144 SKS. Tujuan kedua program studi adalah mempersiapkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing dalam dunia kerja yang semakin kompleks di era digital ini, dan lulusan akan memiliki kompetensi sebagai software engineer, analis sistem dan IT Preneur.

Baca juga: “Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia”

Referensi:

D4 Teknik Informatika, Vokasi Unair. Available at: https://vokasi.unair.ac.id/d4-teknik-informatika/. Diakses pada 14 Maret 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *