Pengabdian Masyarakat (Pengmas) HIMSI 2022: Ayo Latihan Paham Belajar Teknologi (ALPHABET)

Pengabdian Masyarakat (PENGMAS) HIMSI 2022 adalah salah satu program kerja dari bidang Hubungan Luar, Himpunan Mahasiswa S1 Sistem Informasi (HIMSI), Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga. Pengabdian Masyarakat merupakan program kerja yang selalu dilaksanakan setiap periode kepengurusan HIMSI tiap tahunnya. Pada kepengurusan HIMSI 2022, Pengabdian Masyarakat dilaksanakan dengan cara pengajaran kepada siswa Sekolah Dasar (SD) tentang cara penggunaan Microsoft Office serta pemahaman tentang penggunaan teknologi secara bijak.

Pemaparan Materi

Target Pengabdian Masyarakat HIMSI 2022 adalah siswa kelas 5 dan 6 dari SDN Banyu Urip X Surabaya yang berlokasi di Jl. Simo Kwagean Buntu Kidul No.19 Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu sejak tanggal 18 – 19 Juli 2022 dengan tema “ALPHABET” (Ayo Latihan Paham Belajar Teknologi). Tujuannya tidak lain agar para siswa tersebut dapat memahami bagaimana cara menggunakan teknologi khususnya terkait Microsoft Office sedini mungkin. Microsoft Office yang dipelajari adalah Microsoft Office Word dan Microsoft Office Power Point. Pemilihan kedua software tersebut karena termasuk ke dalam salah satu software yang sering digunakan dalam pembelajaran siswa.

Kegiatan tanya jawab bersama siswa/i

Selama pembelajaran diadakan, para siswa menyimak dengan baik dan tidak ragu untuk unjuk diri menerapkan ilmu yang telah diberikan. Para siswa pun dapat memberikan rangkuman dari materi Bijak Teknologi dengan baik. Program kerja ini pada akhirnya berjalan dengan lancar dengan hasil para siswa yang diajarkan memahami bagaimana konsep penggunaan teknologi khususnya Microsoft Office Word dan Microsoft Office Power Point.