SI UNAIR Gelar Pelatihan Canva untuk Tingkatkan Branding Sekolah di Surabaya

2 Agustus 2022, Prodi S1 Sistem Informasi Universitas Airlangga melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diadakan di Yayasan Perguruan Al-Irsyad (YPAS) Surabaya. Program tahunan ini sebelumnya pernah diadakan di Desa Kauman, Socah, Bangkalan.

Kegiatan yang dikomandoi oleh Ibu Nania Nuzulita, S.Kom., M.Kom, selaku ketua tim, ini dilaksanakan oleh dosen-dosen S1 Sistem Informasi dengan dibantu beberapa mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 yang bertugas untuk menjadi pendamping peserta dalam penyelarasan materi saat acara berlangsung.

Tema kegiatan PkM kali ini adalah “Peningkatan Kualitas Konten pada Media Sosial Sekolah sebagai Sarana Promosi dan Branding Sekolah di Surabaya”. Kegiatan ini Dilatarbelakangi oleh kurang sadarnya masyarakat atas pentingnya pembangunan branding yang baik terhadap suatu produk khususnya institusi pendidikan. Aktifitas yang dilakukan pada PkM ini adalah mengajarkan penggunaan Canva sebagai salah satu media untuk mendesain media publikasi dan branding. Untuk menunjang proses pelatihan, peserta dibekali dengan modul.

Suasana Pelatihan Canva di YPAS

Dalam modul pembelajaran yang diberikan terbagi menjadi dua modul utama, yaitu modul desain brosur promosi dengan Canva dengan judul ‘Canva Fast and Easy’ dan modul strategi penggunaan media sosial untuk promosi dengan judul ‘Digital Marketing for School Branding’. Tidak hanya memberikan materi terkait tutorial pembuatan poster maupun konten branding di Canva, tim PkM juga memberikan pemahaman terkait hal penting dalam pembuatan konten serta kualitas dan kreativitas dalam konten.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh 22 peserta yang berasal dari berbagai macam instansi dan tingkatan pendidikan. Sebagian besar peserta merupakan tenaga kependidikan dan civitas akademik yang memang bertugas dalam proses promosi dan branding sekolah. Proses pelatihan dilakukan dengan cara praktik langsung sehingga memudahkan peserta untuk memahami materi yang diajarkan 

Kegiatan berlangsung tertib dan menarik karena dua topik utama materi yang dibahas juga disampaikan dengan sangat interaktif oleh teman-teman mahasiswa dengan dipandu oleh satu dosen pemateri utama, yaitu Bapak Taufik, S.T., M.Kom. Acara ini ditutup dengan foto bersama oleh seluruh peserta dan tim yang terlibat.