Sistem Informasi Akuntansi adalah sebuah rangkaian proses, perangkat lunak, dan sistem yang digunakan oleh suatu organisasi untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menghasilkan informasi keuangan yang relevan dan akurat. Tujuan utama dari Sistem Informasi akuntansi adalah untuk membantu dalam mencatat transaksi keuangan, menyusun laporan keuangan, dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi keuangan yang tersedia. Sistem Informasi Akuntansi juga sering kali mencakup kontrol internal untuk memastikan keandalan dan keamanan informasi keuangan.

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi menurut Para Ahli

  1. Krismiaji
    • Sistem Informasi akuntansi adalah suatu sistem yang memproses data dan transaksi untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan suatu bisnis.
  2. George dan William
    • Sistem Informasi akuntansi adalah kumpulan sumber daya, seperti manusia dan alat yang dirancang untuk mengubah data keuangan menjadi informasi.
  3. La Midjan dan Azhar
    • Sistem Informasi akuntansi adalah suatu sistem pengelolaan data akuntansi yang merupakan integrasi dari manusia, alat dan metode yang berhubungan secara harmonis dalam suatu organisasi yang terstruktur untuk menghasilkan sebuah informasi akuntansi keuangan dan informasi akuntansi manajemen yang terstruktur juga.
sistem informasi akuntansi adalah
Sumber Gambar: Unsplash

Fungsi Sistem Informasi Akuntansi

Semua data yang terdapat dalam Sistem Informasi akuntansi berguna untuk kepentingan bisnis. Adapun fungsi Sistem Informasi akuntansi adalah sebagai berikut:

  • Mengumpulkan transaksi dan data lainnya untuk dimasukkan ke dalam sistem.
  • Memproses data transaksi
  • Menyimpan data yang akan digunakan untuk keperluan di masa mendatang.
  • Menghasilkan informasi yang digunakan untuk membuat laporan, atau untuk keperluan yang lainnya.
  • Sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.
  • Menyimpan seluruh proses sehingga informasi yang dihasilkan akurat dan dapat dipercaya.

Baca juga: “Sistem Informasi Akuntansi: Tujuan, Manfaat, dan Komponennya”

Kesimpulan

Sistem Informasi akuntansi memiliki peran yang semakin penting dalam manajemen keuangan di era digital ini. Dengan terus berkembangnya teknologi, Sistem Informasi akuntansi akan terus menjadi alat yang sangat berharga dalam membantu perusahaan mengelola dan menganalisis informasi keuangan mereka secara efektif. Kesadaran akan pentingnya Sistem Informasi akuntansi di kalangan perusahaan diharapkan akan terus meningkat, dengan demikian membuka peluang baru untuk penggunaan yang lebih luas dan efektif.

Referensi:

Rahayuningsih, V. (2017). Tinjauan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Material Operasi Dan Pemeliharaan Pada PT Indonesia Power UBP Saguling (Doctoral dissertation, STIE Ekuitas).