Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Menurut Wikipedia, sampai tahun 2016, ITS memiliki 5 Fakultas dengan 12 Program Doktoral, 18 Program Magister, 28 jurusan/program studi tingkat sarjana (10 jurusan diantaranya juga menyelenggarakan program ekstensi S-1 atau lintas jalur), 6 Program Studi D-3 (5 program diantaranya juga menyelenggarakan program ekstensi D-3), dan 1 Program Studi D-4.

Salah satu fakultas yang ada di ITS adalah Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi. Di Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi terdapat juga Departemen Sistem Informasi. Departemen Sistem Informasi ITS menyediakan banyak program studi, diantaranya adalah Program Studi Sarjana Sistem Informasi, Program Studi Magister Sistem Informasi, Program Studi Sarjana Internasional Sistem Informasi, Program Studi Sarjana Inovasi Digital Dan Program Studi Doktor Sistem Informasi.

sistem informasi its

Visi Sistem Informasi ITS

Program Studi Sarjana Sistem Informasi ITS, visi Sistem Informasi ITS adalah menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan terutama dalam desain dan pengembangan sistem informasi, sistem pendukung keputusan, dan intelijen bisnis. Mahasiswa Sistem Informasi ITS dipersiapkan untuk menjadi individu yang terampil dalam merancang dan menganalisis kebutuhan sistem informasi organisasi, serta merancang proyek pengembangan secara komprehensif dengan mempertimbangkan berbagai aspek infrastruktur IT.

Program Magister Sistem Informasi ITS memberikan peluang bagi lulusan sarjana dalam berbagai bidang terkait teknologi informasi untuk melanjutkan studi lanjut. Gelar yang diberikan adalah Magister Komputer (M.Kom.). Sementara itu, Program Sarjana Internasional Sistem Informasi (IUP) menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan menyediakan kurikulum reguler serta kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat dalam aktivitas internasional seperti Studi ekskursi, Internship di perusahaan skala internasional atau multinasional, Student exchange, Summer/short course dan Joint degree.

Baca juga: “Jurusan Sistem Informasi di Jawa Timur”

Di sisi lain, Program Doktor Sistem Informasi ITS bertujuan untuk menjadi yang terdepan dalam penelitian Sistem Informasi di Indonesia dan diakui secara internasional. Program ini menekankan pada pengembangan pengetahuan untuk menciptakan, menyebarkan, dan mengkomersialisasikan produk digital. Selain itu, terdapat juga Program Studi Sarjana Inovasi Digital yang menjadi inovator sebagai program sarjana multidisiplin di ITS, yang berada di bawah naungan Departemen Sistem Informasi dan mendapat dukungan penuh dari Departemen Manajemen Bisnis ITS. Pengelolaan operasional akademik dan administratifnya dilakukan dengan menggunakan sumber daya dari kedua departemen tersebut.

Referensi:

ITS. (2024). Available at: https://www.its.ac.id/si/en/home. Diakses pada 14 Maret 2024.

Sumber Gambar: M Sholahuddin. (2022). Jawa Pos. ITS Surabaya Siap Dirikan Fakultas Kedokteran. Available at: https://www.jawapos.com/surabaya-raya/01419101/its-surabaya-siap-dirikan-fakultas-kedokteran. Diakses pada 14 Maret 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *