Profil Lulusan dan Deskripsi Profil

Berdasarkan visi dan misi, Program Studi S1 Sistem Informasi bertujuan menghasilkan lulusan yang mempunyai profil sebagai berikut:

a) Information Systems Solutions Developer
Lulusan Sistem Informasi harus mampu memberikan solusi sistem informasi secara efektif dan komprehensif kepada organisasi untuk mencapai tujuannya. Untuk itu lulusan SI harus paham dasar pengelolaan organisasi dan bagaimana sistem informasi dapat membantu pencapaian tujuan organisasi, mengetahui bagaimana mengelola dan memanfaatkan elemen sistem informasi seperti perangkat lunak, sumber daya manusia, proses beserta prosedur, informasi, serta infrastruktur TI sebagai bagian dari solusi sistem informasi.
Lulusan SI harus mampu untuk memahami dan memodelkan proses dan data dalam organisasi, serta memiliki pengetahuan tentang teknik yang gunakan untuk melakukan pengumpulan kebutuhan sistem dan kemudian memodelkannya. Selain itu harus juga mahir dalam mengelola data dan informasi serta mampu menjaga kualitas data.
Lulusan SI harus mampu mendefinisikan serta mengimplementasikan solusi teknis berdasarkan permasalahan yang terjadi di organisasi. Solusi tersebut bisa dilakukan dengan cara mengaplikasikan teknologi untuk membantu pencapaian keungulan kompetitif dalam organisasi.

b) Information Systems Business Enabler
Lulusan SI harus mampu mengidentifikasikan peluang bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi, serta mampu menyusun solusi perbaikan proses untuk optimalisasi bisnis organisasi. Ini merupakan cerminan kompetensi kewirausahaan, yaitu entrepreneur dan intrapreneur.
Entrepreneur memiliki arti lulusan SI mampu membuat bisnis baru di bidang teknologi informasi berdasarkan pemanfaatan teknologi, mengidentifikasi peluang bisnis yang terbuka berdasarkan permasalahan yang terjadi di masyarakat, dan menyusun solusi yang dikemas menjadi bisnis baru yang menguntungkan secara finansial.
Lulusan SI yang berjiwa Intrepreneur akan memanfaatkan teknologi informasi dalam peningkatan kinerja organisasi dengan cara memanfaatkan teknologi untuk menyelesaikan masalah secara kreatif dan inovatif atau melakukan rekayasa ulang terhadap proses bisnis. Peningkatan nilai bisnis bisa dilakukan dengan melakukan perbaikan proses bisnis yang ada dalam perusahaan dengan pemanfaatan teknologi maupun dengan melakukan manajemen yang baik.

c) Information Systems Implementation Manager
Lulusan SI harus memiliki jiwa kepemimpinan yang efektif berdasarkan cara pikir ilmiah, etika dan moral agama. Makna dari profil ini lebih mengacu pada memiliki karakteristik, dan mampu bertindak sebagai manajer.
Lulusan SI harus mampu menyelesaikan masalah dan berpikir kritis, memahami, memetakaan, dan menganalisis masalah mengunakan konsep sistem, serta memahami dan mempertimbangkan bahwa sistem terdiri atas manusia, prosedur, perangkat lunak, perangkat keras dan data.
Lulusan SI juga harus memiliki kemampuan untuk mengelola proyek sistem informasi dan mengintegrasikannya ke dalam organisasi, dan menjalankan kode etik profesi dalam menjalankan pekerjaannya, termasuk secara kritis mengevaluasi isu etika dalam penerapan sistem informasi. Faktor keberhasilan penerapan sistem informasi tidak hanya terletak pada kualitas sistem informasi sebagai implementasi teknologi. Namun, juga terdapat faktor lain, seperti penerimaan pengguna terhadap teknologi tersebut. Lulusan SI harus mampu mengaplikasikan pendekatan baru maupun konvensional dalam penerapan sistem informasi dalam organisasi.

d) Communicator
Lulusan SI harus mampu berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tulisan. Sebagai lulusan SI harus mampu secara persuasif menyebarkan dan menjual ide atau gagasan kepada orang lain baik dalam maupun di luar organisasi. Cara berkomunikasi bisa dengan berbicara maupun bisa lewat tulisan, selain itu harus mampu bertindak sebagai pendengar yang baik.